Rizqi Amalia
Holaaa.. Apa kabar saudara-saudaraku?? Semoga baik yaaaa.. Aminn..

Cuaca hari ini di sekitar Jabodetabek kayaknya lagi seragam, sama-sama panas. Bukan cuma cuaca aja nih yang panas, tapi kepala sebagian besar orang Indonesia juga lagi ikutan panas. Mau tau kenapa? Yuk kita bahas..


Hmm.. Kalo lo perhatiin berita akhir-akhir ini, pasti tau dong soal Malaysia yang lagi-lagi "menggoda" Indonesia dengan berbagai macam jurusnya?? Ga usah gw sebut satu per satu lah ya.. Udah jadi rahasia umum kalo Malaysia (KATANYA) adalah musuh bebuyutan Indonesia dari dulu. Nah, masalah jadi semakin kompleks manakala Mentri Luar Negeri Malaysia, Datuk Seri Anifah, mau ngeluarin travel advisory ke Indonesia. Nah looohh..

Kenapa sampe keluar travel advisory segala sih??

Yaaaa.. Datuk ini jadi kesel keblinger gara-gara Bendera Malaysia dilempari tinja oleh, ya siapa lagi kalo bukan orang Indonesia yang berpayung di bawah organisasi masyarakat, kita sebut saja "Front Bendera".

Dalam kasus ini, gw sebagai pemudi harapan bangsa merasa malu. Iya, sangat malu sama kelakuan oknum-oknum tersebut. Kok bisa-bisanya kepikiran buat ngumpulin tinja, dibawa dalam perjalanan yang ga tau berapa lama, terus dilemparin ke bendera negara lain??? Kelakuan kayak begini ga diajarin di sekolah, bang!!

Oke, kita boleh kesel, gw sendiri kadang gerah sama kelakuan negara tetangga yang seneng banget bikin naik turun emosi. Tapi coba kesampingkan dulu masalah lain, mari kita balik keadaannya. Gimana rasanya kalo Bendera Merah Putih yang tiap Hari Senin kita hormatin, dilemparin tinja sama negara lain?? Gimana coba?? Mau demo kok pake cara murahan. Mereka (para oknum) harusnya sadar, cara-cara ga berkelas yang kayak gini ini yang bikin bangsa kita makin dianggap bangsa yang miskin moral. Grrrr..

Sementara ini baru travel advisory yang dikeluarin sama pemerintah Malaysia. Bayangin kalo saudara-saudara kita yang jadi TKI di Malaysia dipulangin paksa karena mereka ngambek dan ogah nerima kita lagi. Gimana coba?? Siapa yang mau kasih para TKI dan keluarganya duit buat makan?? Pak Beye??

Ah.. Gampang! Bikin aja lapangan kerja buat para TKI kalo emang mereka dipulangin paksa.

Nah, muncul pertanyaan lagi. Lapangan kerja apa sih menurut lo yang bisa menampung sedemikian banyak TKI dengan bayaran setara?? Apa coba??

Gimana jadinya kalo para investor Malaysia narik dananya dari Indonesia??

Kalo alesan kita tersinggung karena budaya kita "dicuri", silahkan pikir baik-baik apa benar mereka mencurinya??

Berapa banyak sih dari kita, generasi muda, yang mau dan ga malu belajar kesenian tradisional sendiri??
Ngacung yang bisa Mbatik, Jaipongan, maen Gamelan, Tari Bali, maen Sasando, ato Tari Tortor!!

Kita, bung yang kurang perhatian sama budaya sendiri, tapi giliran dilestarikan orang lain, langsung ketar-ketir berkoar-koar demo sana sini.

Gw sebel sama organisasi masyarakat (ormas) yang maen hajar, maen kasar, ngerusak sana sini. Katanya orang Timur, tapi sopan santun aja minim. Miris.

Gimana coba kalo Malaysia beneran ngajak kita perang?? Apa para ormas tersebut mau berada di barisan paling depan??
Labels: edit post
1 Response
  1. Walaupun gw gak suka dengan cara2 & sikap2 malaysia kepada Indonesia tetapi seharusnya kita berterima kasih sama malaysia.

    Kenapa??
    Dengan malaysia mengambil (baca: mencuri) kebudayaan kita justru kita jadi semakin menghargai kebudayaan kita dari sebelumnya.

    *just my opinion :-)


Post a Comment