Rizqi Amalia
Ini pertama kalinya gua nyobain Mie Belitong. Selain karena gua emang lagi di Belitong, Mie Belitong juga ga setenar Mie Bangka atau Mie Aceh yang bisa dengan mudah kita temui di Jakarta.


Nah, ini dia penampakannya. Mie Belitong terdiri dari mie (yaiyalah, kalo lontong mah namanya lontong sayur ateuuuu!), potongan bakwan udang, tahu goreng, ketimun, kentang rebus, kuah udang, dilengkapi dengan emping dan bawang goreng.

Kebiasaan gua setiap nyoba makanan berkuah adalah icip kuahnya dulu. Dan.. Gua cocok! Yah gua sih emang cuma punya dua kiblat buat makanan, enak dan enak banget. Yang ini enak, cocok banget di lidah gua. Kuah udangnya agak kental, rasanya dominan gurih, dan ga pedes sama sekali. Pokoknya rasanya itu just right kalo kata bule. Tekstur mie-nya mirip dengan udon tapi lebih lembut dan bentuknya lebih kecil. Gua makan lahap dan habis dalam sejekap.

Kuahnya itu juara sih menurut gua. Kalo mie-nya udah abis, kuahnya lo cocol pake kerupuk ikan tuh rasanya edan sih. Enak! Hahaha.. Hampir aja gua nambah, tapi berhubung malu (iya, masih punya malu kok gua biarpun dikit), akhirnya ga jadi. Hehehe..

Di hari terakhir Bang Evry ngajak sarapan di Mie Atep (2 hari sebelumnya kami makan Mie Belitong di warung biasa), menunya ya Mie Belitong juga dan tempatnya lumayan terkenal. Pas masuk tempat makannya aja udah agak-agak ngantri karena kayaknya semua travel agent ngajak tamunya ke sini deh. Untung kami dapat tempat duduk di pojokan. Sambil nunggu pesanan dateng, gua liat-liat sekitar tempat makan ini. Di dindingnya banyak dipajang foto Cici pemilik tempat makan bersama artis dan tokoh terkenal seperti Megawati dan Puan.

Ga harus nunggu lama, 15 menit kemudian pesenan kami sudah siap. Lagi-lagi gua nyobain kuahnya dulu. Gua percaya, beda tangan akan beda pula rasanya. Dan emang bener. Kuah Mie Belitong di Mie Atep ini ga senendang di warung biasa. Menurut gua, kuahnya manis dan lebih encer. Gua sih engga rekomen Mie Atep, sorry to say. Tapi namanya lidah, enak tuh subjektif. Mungkin karena gua orang kampung, jadi lidah gua juga ke kampung-kampungan. Bukan cuma lidah sih, kelakuan juga. Iya. Eniwei, beberapa temen sih lebih suka Mie Atep dibanding Mie Belitong di warung biasa.     

Penasaran kan lo? Dateng dan cobain sendiri!
Labels: , , edit post
2 Responses
  1. Anonymous Says:

    Gw rasa rasa mie belitong ini ga jauh beda sama mie rebus di singapur.. Cuma di singapur lebih tasty sih..


  2. Rizqi Amalia Says:

    Bisa jadi bisa jadi..


Post a Comment