Rizqi Amalia
Sebelumnya gw mau konfirmasi dulu soal postingan Why Do You Love Me. Sebenernya itu bukan cerpen. Itu tampungan curhatan dari temen yang gw coba terjemahin dengan bahasa yang lebih puitis tapi hasilnya malah jadi najis. Hahaha..


Eniwei, ngomongin pemilu emang ga pernah ada abis-abisnya. Soalnya tiap 5 taun sekali pasti pemilu. Hehe.. Alasan yang bodoh. Eh, tapi bener, karena tiap 5 taun sekali berlangsung pemilihan umum, tiga bulan (ato lebih) menjelang pemilu pasti orang-orang udah pada ribet. Apalagi parpol-parpol yang baru netes (anak ayam kali, netes! Hehe). Mereka sibuk promosiin diri biar dikenal masyarakat. Wong parpol yang terbilang gede aja mati-matian kampanye, apalagi yang kecil.

Sama kayak usaha mati-matiannya parpol-parpol agar terpilih, masyarakatnya juga ikutan mati-matian mengenal dan menyeleksi orang-orang yang ngedaptarin diri jadi caleg. Lu itungin aja dari spanduk-spanduk di pinggir jalan, berapa orang yang kepengen jadi caleg. Dan buat orang awam yang buta politik sama sekali kayak gw, hal ini membuat gw semakin pusing, bimbang, galau, cemas, resah, gelisah, dan basah. Intinya mah gw jadi lebih bingung ngung ngung.

Pemilu tahun ini adalah pemilu yang kayaknya meninggalkan banyak kesan. Karena selaen gaya konvensional alias coblos mencoblos berganti menjadi contreng mencontreng, parpol yang ikutan bejibun banyaknya (44 partai politik), pemilihan legislatif yang ga kalah ribet (meskipun udah disosialisasikan, tapi buat gw tetep ribet!), dan lebih berkesan lagi karena gw nyontreng di rumah.

Hari Selasa kemaren, rumah gw rame orang. Ga, bukan karena gw telanjang terus lari-lari di halaman rumah. Bukan juga gara-gara sunatan kakak untuk yang kedua kali. Tapi ini demi menyukseskan pemilu besok. Bapak-bapak yang berdomisili di RT gw, rame-rame gotong royong ngeberesin dan ngebersihin halaman rumah gw. Nyabutin rumput, ngangkutin pot taneman, nebang sebagian batang pohon mangga depan rumah sekalian nyapu-nyapu.

Ada apa dengan rumah gw?
Ga ada apa-apa dengan rumah gw. Yang sebenernya ada apa-apa ya lingkungan RT gw. Kita kehabisan lahan buat dijadiin lapangan serba guna, ya kayak buat TPS (Tempat Pemungutan Suara bukan Tempat Pemungutan Sampah) sekarang. Lahan di depan tukang mie ayam yang jaraknya 10 meter dari rumah udah sukses jadi perkebunan singkong terus lahan yang kemaren buat tempat panggung 17an juga udah dibangun kontrakan 5 pintu. Alhasil, atas dasar nasionalisme yang tinggi, bokap mengusulkan halaman rumah buat dijadiin TPS.

Sama kayak kemaren, hari ini rumah gw juga dikunjungi beberapa orang, ya bapak-bapak itu. Daritadi pagi mereka ribet nyulap halaman rumah jadi TPS. Ada yang begini, begitu. Ribet deh. Gw aja yang cuma ngeliatin jadi ribet sendiri. Malah terkesan ngeribetin. Hehe.. Jadi mendingan maen game.

Sore hari gw ngecek hasil kerja bapak-bapak ini. Hahaha.. Tenda biru terpasang rapi, di sebelah kanan ada meja kecil (buat ngedata warga yang dateng) dan meja panjang (buat ketua, saksi, dsb), di seberangnya berjejer kursi-kursi yang gw sebut kursi tunggu, nah teras depan kamar bokap juga udah sukses berubah fungsi jadi bilik-bilik tempat nyontreng. Hmm, lumayan juga lah kerjanya. Hihihi.. Mereka lagi pada ngaso di teras sambil ngobrolin caleg-caleg. Gw duduk samping bokap sambil ngeliatin belio ngisi berita acara.

"Papah jadi ketuanya lagi ya?", tanya gw.
"Iyes, Teh.", jawabnya sambil terus nulis.
"Kok nulis-nulis beginian? Emang ga ada sekretarisnya?", tanya gw lagi.
"Ada.", kata bokap singkat.
"Siapa?". Gw penasaran.
"Papah.", jawab bokap sambil nyengir.
"Lah??"
"Papah mah jadi ketua, sekretaris, bendahara juga, Teh", nyokap ikutan nimbrung.
Jiaaahh..
"Dapet duit berapa, Pah, jadi ketua?", gw iseng nanya.
"Segini, Teh", sambil memperlihatkan rincian anggaran.
"Dikit amat.
Kan udah megang 3 jabatan sekaligus, Pah. Ketua, sekretaris, bendahara juga. Udah gitu pemakaian tempat sekaligus keamanan kotak suara. Hehehe.."
"Ya udah, gapapa. Hehehe.."
, terus ngelanjutin nulis.

Ga lama dateng adek gw ikutan ngumpul.
"Nah ini dia nih yang mau ulang tahun besok.", kata nyokap.
"Besok mau pake baju apa, Lu?", tanya bokap.
"Jah.. Ngapain tanya baju?", adek gw bingung.
"Lah kan mau ulang tahun. Tuh sampe Papah pasangin tenda di depan rumah.", kata bokap kalem.
"...", adek gw bengong.

"Mau milih siapa, Lu?", tanya gw, berhubung besok pertama kalinya dia ikutan nyontreng.
"...", ade gw masih bengong.
"Lu??"
"Kagak tau dah. Hee.. Ribet."
See? Emang ribet..

Demikianlah persiapan jelang pemilu 2009 saya laporkan langsung dari kediaman saya di RT 08/14 dengan nomor TPS 79. Sampai tulisan ini dipublish, rumah gw masih rame bapak-bapak yang bertugas menjaga keamanan TPS dan kotak suara. Semanget, Pak!! Hehehe..
0 Responses

Post a Comment