Rizqi Amalia
Pak, saya mau curhat.

Hari ini saya ke kampus pagi-pagi sekali. Semangat saya sedang tinggi. Efek dari perbincangan kita kemarin malam, mungkin. Di otak saya tercermin idealisme yang dulu sempet kabur digeser ego. Saya mau maju!

Saya bergegas karena waktu begitu kejamnya memburu. Bicara dengan dosen ini, dosen itu. Bolak balik ke laboratorium, ruang dosen, akademi. Nunggu berjam-jam. Dan hasilnya?? N I H I L.

Saya tertunduk 2 jam di pojokan lobby akademi tadi sore. Menunggu seseorang bernama Pak Wimbo yang nyatanya ga pernah datang. Saya bingung, cemas, takut, kecewa, geregetan, egois, marah tapi berusaha mengerti. Saya baru sadar mungkin kayak gitu rasanya jadi permen NanoNano. Ah, ga tau lah, Pak. Saya campur aduk!

Air mata saya sempet jatuh satu ato dua kali. Dan saya buru-buru ambil tisu biar ga ada yang tau. Saya malu. Sebesar ini tapi punya nyali sepitik. Punya mental tahu dan ga pernah bisa setegar karang, bahkan untuk sekedar pura-pura.

Saya ingat Bapak. Berkali-kali mengirim pesan singkat yang akhirnya saya sadari cuma mempertegas kelemahan saya di depan Bapak. Tapi mau bagaimana, saya butuh sandaran. Saya butuh penyemangat. Dan saya bisa dapat dari Bapak.

Orang tua? Nanti sajalah. Mereka cukup pusing menghadapi kenakalan saya. Apalagi sepulang dari sini, saya ga mampu memberi kabar yang mengukir senyuman. Saya payah!

Kenapa ya, Pak??
Kenapa coba??

Saya mencari-cari jawaban. Tapi ga ketemu tuh. Terus saya mikir, mungkin ini karena Allah sayang saya. Makanya saya dikasih susah dulu. Biar saya tau diri, biar saya tau waktu. Ahh.. Pasti begitu. Akhirnya saya putuskan pulang.

"Gimana, Teh? Dapet ijazahnya?"

Ini yang ditanyakan orang tua pertama kali setelah menjawab salam.

Saya menatap mereka, lalu menggeleng.

"Kenapa?", tanya mereka lagi. Lalu saya jelaskan dengan air mata.

Ahh.. Manja sekali saya sampai Papa terpaksa turun tangan. Beliau menghubungi Pak Wimbo. Dan saya? Saya sibuk menyeka air mata.

Saya makin malu. Ini kan akibat kenakalan saya yang kemaren ya? Kok semua orang jadi sibuk? Dosen ini, dosen itu, orang tua, Bapak. Ckckck.. Saya sungguh tidak bertanggung jawab rupanya. Cuma bisa bikit repot! Ngerepotin!!

Dengan perasaan yang masih kacau, saya menuju kamar lalu mengunci pintu. Memeluk guling sambil terisak. Saya nangis lagi. Lebih seru dari sebelumnya dan saya tidak berusaha mencegah air mata untuk mengalir. Saya menangis sejadi-jadinya.

Hal-hal buruk mulai terbayang di benak. Air mata makin deras mengalir. Dan saya mematung. Bisu. Saya membias dalam sepi.
Labels: edit post
0 Responses

Post a Comment