Rizqi Amalia
Hai hai hai.. Di postingan sebelumnya, gw pernah cerita kalo gw bakal jadi guru privat bocah SMP yang rumahnya ga terlalu jauh dari rumah, namanya AZ. Dan sekarang, gw bakal ceritain pengalaman pertama jadi guru privat, atau gw lebih suka dibilang teteh privat, karena lebih Sunda *alasan yang sungguh penting.


Selasa, 2 Februari 2010
Okeeeehh.. Sekitar jam 13.30 nyokap udah bawel banget nelponin ke rumah buat ngasih tau kalo tukang ojek jemputan gw (keren ya jemputannya) udah meluncur dari TKP. Ya udah tuh, gw buru-buru menyiapkan segala sesuatunya. Ini hari pertama gw, men. Kudu kasih kesan yang baiiiikkk! Hahaha.. Apalagi sehari sebelumnya si AZ nelpon ke nyokap bilang, "Asikkk!! Nanti aku kalo ada PR ada Teteh Kiki yang ngerjain."
Yes, I know. Ini sangat ambigu. Berasa bakal dikerjain denger kata-katanya yang begitu. Hahahah..

Eniweeeii.. Buat hari pertama ini, gw abis-abisan nyiapin diri, otak, dan mental. Yah meskipun persiapan gw cuma sebatas ngisi soal-soal dan LKS anak SMP, tapi lumayan buat bekel ngajar si AZ. Tepat pukul 13.45 gw membonceng si abang tukang ojek menuju TKP.

Setelah 15 menit perjalanan, akhirnya sampai juga. Gw masuk ke rumahnya, ketemu AZ dan ibunya. Ngobrol-ngobrol sebentar terus mulai deh ngerjain PR Matematika yang udah tiga kali pertemuan kagak dikerjain (baca: banyak!).

Gw baca dengan teliti itu soal Matematika. "Ohh, himpunan", kata gw dalem hati.
"Oke", kata gw lagi, kali ini ke AZ dan ga ngomong dalem hati.
"Yuk, dikerjain", lanjut gw. Dianya ngangguk. Gw diem, mikirin mana yang mulai dari nol, bilangan asli ato bilangan cacah. Buseeettt.. Masa-masa SMP gw udah lewat sembilan ato mungkin sepuluh tahun yang lalu. Mana inget gw kayak beginiaaaann.

"Kalo diketahui yang suka basket dan voli ada 15 orang, terus ditanyain yang suka basket aja, gimana caranya?", kata gw mancing si AZ.
Dia nyengir terus bilang, "Heee.. Kagak tau."
Gw senyum. Oke, ini bakal terasa berat. Pelan-pelan gw ngajarin dia, sambil sesekali bilang, "Gampang kan? Berarti nanti kalo ulangan pasti bisa nih". Biar tumbuh kepercayaan diri dulu dan bisa mensugesti dirinya kalo Matematika itu (mudah-mudahan) mudah.

Udah 1 jam 15 menit gw bantuin AZ ngerjain PR'nya. Keliatan banget dianya juga udah bosen belajar. Suka ga konsentrasi atau yang parah, ga ngedengerin kata-kata gw malahan nonton pertandingan antara Persikabo dan Persija di tipi. Sigh.. Nasib nasib..

"Udah bosen ya?", tanya gw.
"Hehehe", jawabnya.
"Dua soal lagi nih. Mau dikerjain apa udahan?"
AZ ngelirik ke mamanya. "Tangung itu dua soal lagi. Abis itu mah udahan deh", kata mamanya.
Setelah mendengar kata-kata mamanya, langsung deh dia mau ngerjain soal lagi. Dan voilaaa.. Selesai juga itu soal-soalnya. Beres! Kata gw dalem hati.

"Teh, Teteh bisa ngajarin AZ lagi hari apa aja? Kalo hari Rabu-Kamis suka ga mau sekolah nih. Ada IPA sama Matematika. Susah katanya", lapor mamanya.
"Hari Selasa, Rabu, Kamis bisa kok, Bu", jawab gw.
"Ohh.. Kalo Jumat sama Sabtu, Teteh ga bisa ya?"
"Iya, kan suka ada tugas kuliah (baca: pacaran)", jawab gw lagi.
"Oh.. Iya ini soalnya si AZ suka ada PR Karawitan, Bahasa Sunda. Ga bisa ngerjainnya."
Gw melongo. Kesepakatan awal kan gw cuman ngajar Matematika dan Bahasa Inggris. Alamak jang!!

Sambil terus ngobrol sama mamanya, gw berdoa biar ga diminta ngajarin terlalu banyak. Otak gw bisa meleleh, menn. Kebayang ga sih lo?? Matematika, IPA, IPS, Bahasa Inggris, dan lain-lain. Waw! Mari berdoa otak gw ga meledak *lebay!

"Bu, saya pamit dulu. Mau kuliah"
"Oh, iya. Ini jajanannya dibawa aja, Teh", kata mamanya.
"Enggak usah, Bu. Ngerepotin", jawab gw basa basi, padahal ya pengen juga. Hahaha.. Tapi si ibunya emang pengertian. Dua bungkus roti, cemilan plus 1 kaleng permen Fox dimasukin paksa ke dalem tas gw. Bersyukur gw bawa tas lumayan gede hari itu. Hahaha..

Selepas pamitan sama bapak dan ibunya, gw dianter pak supir pulang karena gerimis. Di perjalanan gw bertekad bakal belajar bener-bener biar bisa ngajarin si AZ sampe bisa dan berencana bawa koper untuk pertemuan selanjutnya.

I enjoy it much!!!
Labels: edit post
1 Response
  1. Rizqi Amalia Says:

    hahhahah.. iya, nanti bawa kresek yang gede, biar lo kebagian yaaa. hhahah


Post a Comment